Sabtu, 26 Maret 2011

MOBIL LISTRIK

  Mobil Listrik

     Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Menurut Internatonal Standard (ISO 8713:2002) Mobil Listik dikenal dalam dua jenis, diantaranya Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang di kategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik.


Sekilas Prinsip Kerja Mobil Listrik
Energi Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator melalui alat pengisisan (Charger) yang berfungsi untuk mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) sesuai dengan kebutuahn pengisian dari baterai melaluidua buah kabel yaitu positif dan negatif untuk mengisi baterai. Baterai terdiri dari 3 unit, 12 Volt, 200 Ah dipasang secara seri dimana terminal positf baterai 1 dihubungkan ke terminal negatif dari baterai 2 dan terminal positif dari baterai 2 dihubungkan ke terminal negatif baterai 3 sedangkan terminal negatif dari baterai 1 dan terminal positif baterai 3 didapatkan keluaran 36 Volt,200 Ah. Setelah baterai penuh, listrik yang tersimpan pada baterai dapat digunakan untuk memutar motor penggerak melalui solenoid yang memiliki 2 terminal yang berfungsi menyambung dan memutus dimana terminal positif pada baterai dipasang pada salah satu terminal pada solenoide dihubungakn ke kendali kecepatan, dimana solenoide ini dikendalikan oleh dua buah saklar pembatas yang di pasang pada sistem gas dan rem yang hanya dapat berfungsi setelah kunci kontak dinyalakan.



Evolusi Perkembangan Teknologi Mobil Listrik
Ada beberapa perdebatan mengenai siapa yang membangun mobil listrik pertama kali di dunia, kredit diberikan ke penemu asal Skotlandia yaitu Robert Anderson, yang membangun sebuah unit energi mobil listrik dengan sumber energi non-isi ulang, pada tahun yang sama, di Belanda Penemu Sibrandus Stratingh menciptakan sebuah kendaraan listrik, seperti yang dilakukan juga oleh Thomas Davenport dari Vermont. dan itu sudah ada sejak setidaknya setengah abad sebelum Benz Paten-Motorwagen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar